Rabu, 04 Agustus 2021

Christosfer adalah yang keempat. Dalam christosphere, keadaan tanpa pikiran masuk dalam keberadaan. Ini adalah keadaan tanpa pikirannya seorang Buddha, seorang Kristus, bukan keadaan tanpa pikirannya batu. Dalam yang keempat muncul kesadaran, tanpa pusat, tanpa diri di dalamnya. Hanya kesadaran murni tanpa batas, kesadaran tak terhingga. Engkau tidak bisa mengatakan "Aku sadar." Tidak ada 'aku' untuk itu, hanya ada kesadaran. Itu tidak memiliki nama dan bentuk. Itu adalah ketiadaan, itu adalah kekosongan. Dengan kesadaran itu, pemikiran tidak diperlukan. Wawasan mulai berfungsi, intuisi mulai berfungsi.Intelektual hidup dengan biaya sekolah. Orang lain harus mengajarimu sehingga engkau membayar biaya sekolah. Intuisi tidak ada yang harus mengajarimu. Intuisi itu datang dari dalam, tumbuh darimu. Intuisi adalah pembungaan keberadaanmu.Inilah kualitas kesadaran yang disebut meditasi, intuisi, pandangan terang, kesadaran tanpa pusat, keabadian, atau engkau bisa menyebutnya sekarang, saat ini. Tapi ingat, ini bukan masa kini yang ada diantara masa lalu dan masa depan. Ini adalah masa sekarang di mana masa lalu dan masa depan telah larut.De Chardin menyebutnya 'titik omega', Buddha menyebutnya nirwana, Jaina menyebutnya moksha, Kristus menyebutnya 'Tuhan Bapa'. Ini adalah nama yang berbeda. Seluruh sutra ini berkaitan dengan pergerakan dari yang ketiga ke yang keempat, dari noosfer ke christosfer, dari intelek ke kecerdasan, dari kesadaran akan diri ke tanpa kesadaran diri. Yang ketiga seperti bangun biasa, dan yang keempat adalah apa yang Patanjali sebut turiya, 'yang keempat'. Patanjali tidak memberinya nama apa pun, dan itu tampak sangat indah. Sebutan 'christosphere', terlihat seperti Kristen; sebutan 'Krishnasphere', terlihat seperti Hindu; sebutan Buddhasphere, terlihat seperti Buddhis.Patanjali sangat murni. Dia hanya menyebutnya 'yang keempat'. Itu berisi segalanya. Dia tidak memberinya nama khusus. Untuk tiga yang lain dia memberi nama karena mereka memiliki bentuk, dan di mana pun ada bentuk, nama menjadi relevan. Yang tak berbentuk tidak dapat memiliki nama apapun. Hanya turiya, 'yang keempat'.Seluruh Sutra Prajnaparamita ini adalah tentang pergerakan dari yang ketiga ke yang keempat.Sariputra sedang berada di puncak yang ketiga: noosfer - refleksi, pemikiran, kesadaran diri. Dia telah melakukan perjalanan hingga yang ketiga, dia telah mencapai yang ketiga dengan maksimal. Tidak ada lagi yang bisa dilakukan disitu. Dia berdiri di garis batas.OLEH KARENA ITU O SARIPUTRA...Buddha berdiri di luar batas dan memanggil Sariputra maju: "Ayo... ayo... datanglah..." Seluruh sutra diringkas dalam sutra terakhir ini. Semua sutra sebelumnya, sampai sutra terakhir sebelum ini, hanyalah persiapan untuk puncak terakhir ini.TASMAJ JNATAVYAM: PRAJNAPARAMITA MAHA-MANTRO MAHA- VIDYAMANTRO 'NUTTARA-MANTRO' SAMASAMA-MANTRAH...KARENA SESEORANG HARUS TAHU...TASMAJ JNATAVYAM...Oleh karena itu, ini adalah satu-satunya hal yang perlu diketahui. Ini adalah kesimpulan dari seluruh dialog yang indah ini. Dialog antara dua energi, Buddha dan Sariputra, karena Sariputra tidak mengucapkan sepatah kata pun. Ini adalah dialog yang jauh lebih unggul daripada dialog yang ada antara Arjuna dan Kresna dalam Gita (Bagawad Gita), karena Arjuna mengatakan sesuatu. Percakapan Arjuna dan Kresna adalah lisan. Arjuna lebih seperti murid daripada pencari. Dia menjadi pencari hanya di saat terakhir. Ketika Arjuna menjadi pencari, Krishna menjadi masternya. Jika si pencari bukan pencari, bagaimana bisa master menjadi master? Jika pencari hanyalah seorang murid, maka seorang master hanyalah seorang guru.Di mana Gita berakhir, di situlah Sutra Prajnaparamita ini dimulai. Sariputra adalah seorang pencari. Dia benar-benar diam, tidak mengucapkan sepatah kata pun, bahkan tidak mengajukan pertanyaan secara lisan. Dia tamu, bukan penanya. Seluruh dirinya bertanya, bukan hanya pikirannya. Dia tidak perlu mengucapkan pertanyaannya. Seluruh keberadaannya adalah tanda tanya. Dia berdiri di hadapan Buddha, seluruh tubuhnya haus, terbakar, menjadi sebuah nyala api.Melihat keadaannya, Buddha terus berkata-kata sendiri. Si pencari tidak harus bertanya secara verbal. Sang master tahu kapan si pencari membutuhkan sutra ini. Master jauh lebih tahu apa kebutuhan si pencari daripada si pencari itu sendiri. Si pencari harus menunggu. Mungkin Sariputra telah menunggu selama bertahun-tahun, hampir dua puluh tahun, untuk saat ini, saat ketika sang master melihat kebutuhannya, saat ketika sang master akan merasakan lapar dan hausnya, saat ketika dia layak menerima hadiah dari masternya. Hari itu telah tiba, momen keberuntungan itu telah tiba.TASMAJ JNATAVYAM...Buddha berkata, "Oleh karena itu, O Sariputra, inilah satu-satunya hal yang patut diketahui." Dan sekarang Buddha memadatkan seluruh pesannya menjadi beberapa kalimat kecil, menjadi mantra, menjadi pepatah, menjadi formula. Ini adalah mantra terbesar, karena Buddha telah memasukkan semua yang diperlukan untuk seluruh perjalanan ini. Buddha telah memasukkan semuanya ke dalam formula yang sangat kecil ini.OLEH KARENA ITU, satu-satunya hal yang perlu diketahui adalah ...OSHOThe Heart Sutra------------The christosphere is the fourth. With the christosphere, no-mind comes into existence - the no-mind of a Buddha, of a Christ, not of a rock. With the fourth comes consciousness, without a center, with no self in it; just pure consciousness with no border to it, infinite consciousness. Then you can't say "I am conscious." There is no 'I' to it, it is just consciousness. It has no name and no form. It is nothingness, it is emptiness. With this consciousness, thinking is not needed; insight starts functioning, intuition starts functioning.Intellect lives on tuition. Others have to teach you - that's what tuition is. Intuition nobody has to teach you: it comes from within, it grows out of you, it is a flowering of your being.This is the quality of consciousness called meditation, intuition, insight, consciousness without a center, timelessness; or you can call it the now, the present. But remember, it is not the present between past and future; it is the present in which past and future have both dissolved.De Chardin calls it 'the omega point', Buddha calls it nirvana, Jainas call it moksha, Christ calls it 'God the Father'. These are different names. This whole sutra is concerned with the movement from the third to the fourth, from the noosphere to the christosphere, from intellect to intelligence, from self-consciousness to no self-consciousness. The third is like waking, ordinary waking, and the fourth is what Patanjali calls turiya, 'the fourth'. He has not given it any name, and that seems to be very beautiful. Call it 'christosphere', and it looks Christian; call it 'Krishnasphere', and it looks Hindu; call it Buddhasphere, and it looks Buddhist.Patanjali is very, very pure; he simply calls it 'the fourth'. That contains everything. He has not given it a particular name. For three he gives names because they have forms, and wherever form is, name is relevant. The formless cannot have any name - turiya, 'the fourth'.This whole Prajnaparamita Sutra is about the movement from the third to the fourth.Sariputra is at the peak of the third: the noosphere - reflection, thinking, self-consciousness.He has traveled to the uttermost into the third, he has reached the maximum of it. There is no more to it. He's standing on the boundary line.THEREFORE, O SARIPUTRA...Buddha is standing beyond the boundary and calling Sariputra forth: "Come... come... and yet come..." The whole sutra is condensed today in this last sutra. All of the sutras, up to now, were just preparation for this last peak.TASMAJ JNATAVYAM: PRAJNAPARAMITA MAHA-MANTRO MAHA- VIDYAMANTRO 'NUTTARA-MANTRO' SAMASAMA-MANTRAH...THEREFORE ONE SHOULD KNOW...TASMAJ JNATAVYAM...... Therefore the only thing worth knowing is this. This is the conclusion of this whole beautiful dialogue. The dialogue is between two energies, Buddha and Sariputra, because Sariputra has not said a single word. This is a far superior dialogue than exists between Arjuna and Krishna in the Gita, because Arjuna says something. It is verbal. Arjuna is more like a student than like a disciple. He becomes a disciple only at the very end. When he becomes the disciple, Krishna becomes the master. If the disciple is not a disciple, how can the master be a master? If the disciple is just a student, then the master is just a teacher.Where the Gita ends, that is the point where this Prajnaparamita Sutra starts. Sariputra is a disciple: utterly silent, has not uttered a single word, has not even asked a question - not verbally. He's a guest, not a questioner. His whole being is asking, not his mind. He's not verbalizing; his existence is a question mark. He's standing before Buddha, his whole being thirsty, on fire, afire. Seeing his state Buddha goes on saying things on his own. Not that the disciple has to ask; the master knows when the disciple needs. The master knows far better than the disciple himself what his need is. The disciple has to wait. Maybe Sariputra has waited for many years, for twenty years almost, for this moment - when the master would see the need, when the master would feel his hunger and thirst, when he would be worthy of receiving a gift from the master. That day has come, that fortunate moment has arrived.TASMAJ JNATAVYAM...Buddha says, "Therefore, O Sariputra, this is the only thing that is worth knowing." And now he condenses his whole message into a few small words, into a small sentence, into a mantra, into a maxim, into a formula. This is the greatest mantra, because Buddha has contained in it all that is needed for the whole journey. He has put everything into this small, this very small formula.THEREFORE... the only thing worth knowing is...OSHOThe Heart SutraPicture courtesy: PinterestJika anda ingin bimbingan meditasi kesadaran murni silahkan hubungi saya wa 085848355117FREE FRATIS

Christosfer adalah yang keempat. Dalam christosphere, keadaan tanpa pikiran masuk dalam keberadaan. Ini adalah keadaan tanpa pikirannya seorang Buddha, seorang Kristus, bukan keadaan tanpa pikirannya batu. Dalam yang keempat muncul kesadaran, tanpa pusat, tanpa diri di dalamnya. Hanya kesadaran murni tanpa batas, kesadaran tak terhingga. Engkau tidak bisa mengatakan "Aku sadar." Tidak ada 'aku' untuk itu, hanya ada kesadaran. Itu tidak memiliki nama dan bentuk. Itu adalah ketiadaan, itu adalah kekosongan. Dengan kesadaran itu, pemikiran tidak diperlukan. Wawasan mulai berfungsi, intuisi mulai berfungsi.

Intelektual hidup dengan biaya sekolah. Orang lain harus mengajarimu sehingga engkau membayar biaya sekolah. Intuisi tidak ada yang harus mengajarimu. Intuisi itu datang dari dalam, tumbuh darimu. Intuisi adalah pembungaan keberadaanmu.

Inilah kualitas kesadaran yang disebut meditasi, intuisi, pandangan terang, kesadaran tanpa pusat, keabadian, atau engkau bisa menyebutnya sekarang, saat ini. Tapi ingat, ini bukan masa kini yang ada diantara masa lalu dan masa depan. Ini adalah masa sekarang di mana masa lalu dan masa depan telah larut.

De Chardin menyebutnya 'titik omega', Buddha menyebutnya nirwana, Jaina menyebutnya moksha, Kristus menyebutnya 'Tuhan Bapa'. Ini adalah nama yang berbeda. Seluruh sutra ini berkaitan dengan pergerakan dari yang ketiga ke yang keempat, dari noosfer ke christosfer, dari intelek ke kecerdasan, dari kesadaran akan diri ke tanpa kesadaran diri. Yang ketiga seperti bangun biasa, dan yang keempat adalah apa yang Patanjali sebut turiya, 'yang keempat'. Patanjali tidak memberinya nama apa pun, dan itu tampak sangat indah. Sebutan 'christosphere', terlihat seperti Kristen; sebutan 'Krishnasphere', terlihat seperti Hindu; sebutan Buddhasphere,  terlihat seperti Buddhis.

Patanjali sangat murni. Dia hanya menyebutnya 'yang keempat'. Itu berisi segalanya. Dia tidak memberinya nama khusus. Untuk tiga yang lain dia memberi nama karena mereka memiliki bentuk, dan di mana pun ada bentuk, nama menjadi relevan. Yang tak berbentuk tidak dapat memiliki nama apapun. Hanya turiya, 'yang keempat'.

Seluruh Sutra Prajnaparamita ini adalah tentang pergerakan dari yang ketiga ke yang keempat.

Sariputra sedang berada di puncak yang ketiga: noosfer - refleksi, pemikiran, kesadaran diri. Dia telah melakukan perjalanan hingga yang ketiga, dia telah mencapai yang ketiga dengan maksimal. Tidak ada lagi yang bisa dilakukan disitu. Dia berdiri di garis batas.

OLEH KARENA ITU O SARIPUTRA...

Buddha berdiri di luar batas dan memanggil Sariputra maju: "Ayo... ayo... datanglah..." Seluruh sutra diringkas dalam sutra terakhir ini. Semua sutra sebelumnya, sampai sutra terakhir sebelum ini, hanyalah persiapan untuk puncak terakhir ini.

TASMAJ JNATAVYAM: PRAJNAPARAMITA MAHA-MANTRO MAHA- VIDYAMANTRO 'NUTTARA-MANTRO' SAMASAMA-MANTRAH...

KARENA SESEORANG HARUS TAHU...

TASMAJ JNATAVYAM...

Oleh karena itu, ini adalah satu-satunya hal yang perlu diketahui. Ini adalah kesimpulan dari seluruh dialog yang indah ini. Dialog antara dua energi, Buddha dan Sariputra, karena Sariputra tidak mengucapkan sepatah kata pun. Ini adalah dialog yang jauh lebih unggul daripada dialog yang ada antara Arjuna dan Kresna dalam Gita (Bagawad Gita), karena Arjuna mengatakan sesuatu. Percakapan Arjuna dan Kresna adalah lisan. Arjuna lebih seperti murid daripada pencari. Dia menjadi pencari hanya di saat terakhir. Ketika Arjuna menjadi pencari, Krishna menjadi masternya. Jika si pencari bukan pencari, bagaimana bisa master menjadi master? Jika pencari hanyalah seorang murid, maka seorang master hanyalah seorang guru.

Di mana Gita berakhir, di situlah Sutra Prajnaparamita ini dimulai. Sariputra adalah seorang pencari. Dia benar-benar diam, tidak mengucapkan sepatah kata pun, bahkan tidak mengajukan pertanyaan secara lisan. Dia tamu, bukan penanya. Seluruh dirinya bertanya, bukan hanya pikirannya. Dia tidak perlu mengucapkan pertanyaannya. Seluruh keberadaannya adalah tanda tanya. Dia berdiri di hadapan Buddha, seluruh tubuhnya haus, terbakar, menjadi sebuah nyala api.

Melihat keadaannya, Buddha terus berkata-kata sendiri. Si pencari tidak harus bertanya secara verbal. Sang master tahu kapan si pencari membutuhkan sutra ini. Master jauh lebih tahu apa kebutuhan si pencari daripada si pencari itu sendiri. Si pencari harus menunggu. Mungkin Sariputra telah menunggu selama bertahun-tahun, hampir dua puluh tahun, untuk saat ini, saat ketika sang master melihat kebutuhannya, saat ketika sang master akan merasakan lapar dan hausnya, saat ketika dia layak menerima hadiah dari masternya. Hari itu telah tiba, momen keberuntungan itu telah tiba.

TASMAJ JNATAVYAM...

Buddha berkata, "Oleh karena itu, O Sariputra, inilah satu-satunya hal yang patut diketahui." Dan sekarang Buddha memadatkan seluruh pesannya menjadi beberapa kalimat kecil, menjadi mantra, menjadi pepatah, menjadi formula. Ini adalah mantra terbesar, karena Buddha telah memasukkan semua yang diperlukan untuk seluruh perjalanan ini. Buddha telah memasukkan semuanya ke dalam formula yang sangat kecil ini.

OLEH KARENA ITU, satu-satunya hal yang perlu diketahui adalah ...

OSHO
The Heart Sutra
------------

The christosphere is the fourth. With the christosphere, no-mind comes into existence - the no-mind of a Buddha, of a Christ, not of a rock. With the fourth comes consciousness, without a center, with no self in it; just pure consciousness with no border to it, infinite consciousness. Then you can't say "I am conscious." There is no 'I' to it, it is just consciousness. It has no name and no form. It is nothingness, it is emptiness. With this consciousness, thinking is not needed; insight starts functioning, intuition starts functioning.

Intellect lives on tuition. Others have to teach you - that's what tuition is. Intuition nobody has to teach you: it comes from within, it grows out of you, it is a flowering of your being.

This is the quality of consciousness called meditation, intuition, insight, consciousness without a center, timelessness; or you can call it the now, the present. But remember, it is not the present between past and future; it is the present in which past and future have both dissolved.

De Chardin calls it 'the omega point', Buddha calls it nirvana, Jainas call it moksha, Christ calls it 'God the Father'. These are different names. This whole sutra is concerned with the movement from the third to the fourth, from the noosphere to the christosphere, from intellect to intelligence, from self-consciousness to no self-consciousness. The third is like waking, ordinary waking, and the fourth is what Patanjali calls turiya, 'the fourth'. He has not given it any name, and that seems to be very beautiful. Call it 'christosphere', and it looks Christian; call it 'Krishnasphere', and it looks Hindu; call it Buddhasphere, and it looks Buddhist.

Patanjali is very, very pure; he simply calls it 'the fourth'. That contains everything. He has not given it a particular name. For three he gives names because they have forms, and wherever form is, name is relevant. The formless cannot have any name - turiya, 'the fourth'.

This whole Prajnaparamita Sutra is about the movement from the third to the fourth.

Sariputra is at the peak of the third: the noosphere - reflection, thinking, self-consciousness.

He has traveled to the uttermost into the third, he has reached the maximum of it. There is no more to it. He's standing on the boundary line.

THEREFORE, O SARIPUTRA...

Buddha is standing beyond the boundary and calling Sariputra forth: "Come... come... and yet come..." The whole sutra is condensed today in this last sutra. All of the sutras, up to now, were just preparation for this last peak.

TASMAJ JNATAVYAM: PRAJNAPARAMITA MAHA-MANTRO MAHA- VIDYAMANTRO 'NUTTARA-MANTRO' SAMASAMA-MANTRAH...

THEREFORE ONE SHOULD KNOW...

TASMAJ JNATAVYAM...

... Therefore the only thing worth knowing is this. This is the conclusion of this whole beautiful dialogue. The dialogue is between two energies, Buddha and Sariputra, because Sariputra has not said a single word. This is a far superior dialogue than exists between Arjuna and Krishna in the Gita, because Arjuna says something. It is verbal. Arjuna is more like a student than like a disciple. He becomes a disciple only at the very end. When he becomes the disciple, Krishna becomes the master. If the disciple is not a disciple, how can the master be a master? If the disciple is just a student, then the master is just a teacher.

Where the Gita ends, that is the point where this Prajnaparamita Sutra starts. Sariputra is a disciple: utterly silent, has not uttered a single word, has not even asked a question - not verbally. He's a guest, not a questioner. His whole being is asking, not his mind. He's not verbalizing; his existence is a question mark. He's standing before Buddha, his whole being thirsty, on fire, afire. Seeing his state Buddha goes on saying things on his own. Not that the disciple has to ask; the master knows when the disciple needs. The master knows far better than the disciple himself what his need is. The disciple has to wait. Maybe Sariputra has waited for many years, for twenty years almost, for this moment - when the master would see the need, when the master would feel his hunger and thirst, when he would be worthy of receiving a gift from the master. That day has come, that fortunate moment has arrived.

TASMAJ JNATAVYAM...

Buddha says, "Therefore, O Sariputra, this is the only thing that is worth knowing." And now he condenses his whole message into a few small words, into a small sentence, into a mantra, into a maxim, into a formula. This is the greatest mantra, because Buddha has contained in it all that is needed for the whole journey. He has put everything into this small, this very small formula.

THEREFORE... the only thing worth knowing is...

OSHO
The Heart Sutra

Picture courtesy: Pinterest

Jika anda ingin bimbingan meditasi kesadaran murni silahkan hubungi saya  wa 085848355117
FREE FRATIS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar